Senin, 07 November 2011

Robot Mainbola

Jangan membayangkan robot-robot itu bermain bola dengan gocekan maut ala Cristian Ronaldo atau Leonel Messi. Robot-robot itu hanya didesain untuk menuju bola melalui sensornya. Bahkan robot yang berada di lapangan hanya 2 buah.

Ketua Pelaksana KRI Iswahyudi Hidayat mengatakan, Robosoccer merupakan kategori baru yang di pertandingkan pada tahun ini. Kompetisi ini mempertandingkan robot yang mampu mengenali posisi bola.

"Tidak seperti pertandingan sepakbola biasa yang memperebutkan bola, justru dalam Robosoccer ini bola diletakan di 5 titik berbeda. Kemudian bola dikejar robot," ujar Iswahyudi saat ditemui di Kampus Politeknik Telkom, Bojongsoang Kabupaten Bandung, Sabtu (15/4/2011).

Menurut Iswahyudi, karena robot memiliki keterbatasan maka penciptanya harus pintar memainkan strategi. Pencipta robot harus mendesain robotnya untuk mengejar titik bola terdekat.

"Jika kedua robot mengejar bola yang sama, maka kemungkinan besar akan bertabrakan.Peserta harus memainkan strategi sehingga robot bisa mencapai target dan menendang bola hingga mendekati garis gawang," jelasnya.

Iswahyudi menuturkan, robot bisa dinyatakan pemenang jika berhasil membuat gol ke gawang lawan. Namun jika tidak terjadi gol, maka dihitung jarak bola atau kedekatan dengan bola," ungkapnya.

Beberapa kampus yang mengikuti KCI dan KRCI Wilayah II ini meliputi DKI Jakarta, Jabar, dan Banten, diantaranya dari Universitas Negeri Jakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gunadarma, dan kampus-kampus lainnya. Pada kontes hari ini, sebanyak 8 robot mengikuti pertandingan sepak bola tersebut.

Akang ambil info ini di Blog tetangga... HAHAHAH...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar